Senin, 28 Desember 2015

Tips Menanam Dan Budidaya Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan yg miliki kegunaan pada buahnya juga sebagai bahan baku pembuatan minyak. Minyak yg dihasilkan oleh kelapa sawit tidak serupa dengan minyak yg dihasilkan dari kelapa. Minyak sawit berwarna kuning keemasan dengan bau serta rasa yg tawar. Teksturnya menyerupai air kalau diproses dengan Dosis Untuk Pemupukan Tanaman Kelapa Sawit Yang Benar. Seperti yg udah umum kita kenal, minyak sawit kerap sekali dimanfaatkan juga sebagai media menggoreng bahan masakan. Dalam minyak sawit mempunyai kandungan berapa vitamin serta omega maka benar-benar baik utk badan. Kalau di lihat dari segi lain, perkebunan kelapa sawit miliki prosprek yg benar-benar besar serta menjanjikan kalau digeluti. Dikarenakan permohonan dapat sawit baik utk ekspor atau lokal benar-benar bertambah tajam tiap tiap tahunya. Jadi andaikan Anda pingin mengawalinya, simak panduannya dibawah ini :



Pembibitan

Penentuan bibit yg unggulbisa tentukan hasil dari panen kelak. Bibit dapat dibeli dari kebun pembibitan yg udah terpercaya. Bibit yg udah dibeli lantas dikecambahkan dalam polybag 12×23 atau 15×23 cm yg udah di isi 1, 5-2 kg tanah halus. Benamkan kecambah sedalam 2 cm, menjaga biar tanah tetap lembab. Sehabis 3-4 bln. (berdaun 4-5 helai) jadi bibit dipindah dalam polybag 40×50 cm yg udah di isi 15-30 kg tanah halus. Atur dalam posisi segitiga sama segi dengan jarak antar tanaman 90×90 cm. Jalankan penyiangan 2-3 kali 1 bulan Buang bbit berpenyakit serta cacat kala usia 4 serta 9 bln.. Jalankan pemupukan dengan POC dengan cara berkala sepanjang 2-3 minggu sekali.
Penanaman

Tanaman ditanam pada area yg udah di sediakan melalui langkah buat lubang tanam ukuran 50×40 cm sedalam 40 cm dengan jarak tanam 9x9x9 m. Andaikan area bersifat areal berbukit, jadi di buat terasering serta lubang berjarak 1, 5 m dari segi lereng. Penanaman dilaksanakan awal musim hujan. Bebaskan plastik polybag dengan cara hati-hati serta masukkan bibit ke lubang tanam. Basahi tnaman dengan air.





 Perawatan

Jalankan penyulaman pada tanaman yg mati dengan bibit berusia 10-14 bln.. Jalankan penjarangan, usahain dalam 1 hektar area cuma ada 135-145 pohon biar ga ada persaingan cahaya matahari. Menjaga biar tanaman terbebas dari kepungan gulma serta rumput liar. Tambahkan pupuk urea, TSP, serta KCL tiap tiap 6 bln. sekali di mulai dari umur tanam 6 bln. dengan dosis urea : TSP : KCL merupakan 225 kg/ha : 1000 kg/ha : 1200kg/ha. Jalankan juga pemangkasan pasir utk buang daun kering, buah pertama/buah busuk pada usia 16-20 bln.. Sesudah itu pemangkasan produksi dengan memotong daun yg tumbuhnya menumpukpada usia 20-28 bln.. Paling akhir pemangkasan pemeliharaan dengan buang daun-daun menumpuk dengan cara teratur hingga tanaman pokok cuma miliki 28-54 helai. Potong bunga-bunga jantan serta betina pada usia 12-20 bln.. Biar hasil panen dapat optimal, jalankan penyrbukan buatan pada usia 2-7 minggu pada bunga dengan kepala putik terbuka berwarna kemerah-merahan serta berlendir. campurlah serbuk sari dari pohon yg baik selanjutnya Kibaskibaskan pada kepala putik. Andaikan cuma memercayakan penyerbukan dariserangga jadi akhirnya tak lagi optimal.





Pemanenan

 Kelapa sawit mulai berbuah sehabis 2, 5 th. serta masak 5, 5 bln. sehabis penyerbukan. Pemanenan dilaksanakan sehabis berusia 31 bln.. Buah yg siap panen merupakan buah yg terlepas/jatuh dari tandan yg beratnya kira-kira 10 kg.

Baca Juga : Cara Menanam Dan Budidaya Sawo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar