Minggu, 27 Desember 2015

Cara Menanam Tanaman Buah Mangga

Tanaman mangga menurut banyak ahlinya di perkirakan datang dari India, yakni daerah di sekitar Bombay serta daerah di sekitar gunung Himalaya. Perkiraan itu didasarkan pada keyakinan warga Hindu yg beranggap pohon mangga menjadi pohon suci. Ada warga di India yg membuat buah mangga juga sebagai makanan pokok, khususnya saat berjalan musim paceklik.



Pohon mangga menebar dari India ke negara-negara lain, seperti Amerika latin (khususnya Brazilia), benua Afrika, dan menebar hingga negara-negara dikawasan Asia Tenggara.

CARA TANAM TANAMAN BUAH MANGGA

Kebun mangga mesti penuhi persyaratan sebagaimana berikut :

1. Pasokan air mesti cukup.
2. Terbebas dari banjir serta air menggenang.
3. Aerasi serta drainasenya baik.
4. pH tanahnya pada 5, 5-6, 5.
5. Tanah subur, gembur, kaya akan bahan organik.
6. Susunan solum cukup dalam atau sekitar lebih 150 cm.
7. Perihal kontur lahannya tdk jadi permasalahan. area yg agak miring tambah baik ketimbang area yg datar samasekali.

Area didaerah pantai bisa pula di buat perkebunan mangga dikarenakan pohon mangga dapat tumbuh serta berbuah dengan baik pada dataran rendah hingga ketinggian 500 mtr. di atas permukaan laut.

Teknik pemeliharaannya sesuai sama daerah yg yang bukan hanya pantai, yg paling terutama jadi perhatian merupakan drainase serta efek uap dari laut pada daun daun mangga, yg kebanyakan buat ujung daun jadi kering. Sisi tanah di bawah tanaman di beri mulsa jerami padi biar penguapan air tanah tdk terlampau tinggi.

Langkah menanam bibit mangga di mulai dengan

- Pembuatan lubang tanam dengan kedalaman, lebar serta panjang 50 cm. Pada kala penggalian, galian tanah hingga kedalaman 25 cm dipisahkan dengan galian tanah dari kedalaman 25-50 cm.
- Tanah galian di gabung dengan pupuk kompos/pupuk kandang,
- Lantas bedah pot/polybag bibit mangga, perhatikan- jangan lantas tanah yg menempel pada akar terberai
- input bibit mangga bersama-sama media tanamnya dalam lubang serta
- Timbun dengan galian tanah atas diikuti galian tanah dalam.
- Tekan tanah di sekitar batang serta pakai kayu penyangga.

Langkah Bertanam Mangga dalam Pot

Mangga Dalam Pot atau makna yg di kenal dikalangan pencinta tanaman buah merupakan TABULAMPOT (tanaman buah dalam pot). Langkah barusan bisa dibuktikan jadi pemecahan utk kawan-kawan yg miliki area tebatas, utk menanam tanaman mangga dalam pot hal paling utama yang wajib jadi perhatian merupakan penentuan Bibit, Pot, Media tanam.

Langkah pertama dalam menentukan bibit yg baik merupakan bibit mesti kelihatan normal, baik, sehat. Bibit yg sehat mampu dicirikan dengan batang yg kokoh, percabangan yg kuat, daun yg lebat serta hijau, kulit batang yg kelihatan mulus, serta ga ada sisa serangan hama serta penyakit.



Di lihat dari varietasnya, memang nyaris seluruhnya varietas mangga mampu dibuahkan dalam pot. Ketidaksamaan terdapat pada kala yg diperlukan, produktivitasnya, serta tajuknya. Utk pemula, tentukan varietas mangga yangt paling enteng berbuah, yg perawatannya enteng, serta yg bertema seimbang. Manalagi kecil, apel Thailand, nang klang wan, serta nam dok mai merupakan varietas mangga yg relatif enteng utk dibuahkan.

Bibit yg baik juga miliki cabang primer pada 3-4 cabang pada batang paling utama, dengan arah perkembangan sama rata pada tiap tiap pojok. Bibit yg baik juga miliki daun yg yang sehat. ciri daun yg sehat merupakan warnanya hijau, kelihatan cerah serta fresh, teksturnya mulus, serta dengan cara seluruh kelihatan rimbun. Tanaman dengan daun yg layu, cacat, atau warnanya redup, mestinya tdk digunakan juga sebagai bibit. Cacatnya daun itu diakibatkan oleh tiga hal. Pertama, perawatan kurang baik. Ke dua, terserang serangan hama atau penyakit. Ketiga, tanaman baru dipindahkan dari tempatnya.

Penentuan pot juga benar-benar memiliki pengaruh dalam kesuksesan TABULAMPOT utk hingga berbuah, kekeliruan dalam penentuan pot serta media tanam mampu menimbulkan tanaman mangga tdk berbuah. Yg banyak dimanfaatkan utk pot merupakan drum sisa minyak tanah/oli, kita tinggal memotong mejadi dua sisi serta dibawahnya di beri lubang kecil banyak 4-6 buah. Lubang kecil itu benar-benar berfaedah utk menjauhi terjadinya pembusukan pada akar efek tergenang air. Akar yg tergenang air dapat buat tanaman mati.



Sesudah itu merupakan penentuan media tanam, kebanyakan tiap-tiap penangkar yg mempunyai pengalaman miliki perbandingan semasing dalam tentukan formula media tanam yg dimanfaatkan. Juga sebagai patokan, mangga suka pada media tanam yg berstruktur remah, berbutir-butir, gembur, serta mempunyai kandungan unsur hara. Media tanam yang wajib di sediakan merupakan tanah kebun 1 sisi, kompos 1 sisi, arang sekam 1 sisi, serta yg paling akhir merupakan batu kerikil atau pecahan batu bata merah yg dipecah lantas di taruh di susunan bawah drum juga sebagai alas dengan ketinggian lebih kurang 5-10 cm. Seluruhnya beberapa bahan itu di gabung jadi satu serta silakan menanam bibit mangga anda.

Penting Anda Baca : Tanaman Padi Yang Bagus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar